Peran Kepala Madrasah Sebagai Pengambil Keputusan

//Peran Kepala Madrasah Sebagai Pengambil Keputusan

Peran Kepala Madrasah Sebagai Pengambil Keputusan

Oleh: Winda Novianti, M.Pd

Dosen STAIS Tebingtinggi Deli

Email: Windaku20@gmail.com

 

Abstrak

Dalam situasi kepemimpinan dalam hal ini yaitu kepala madrasah, seorang Manajer tidak akan lepas dari aktivitas pengambilan keputusan. Keputusan pada dasarnya hasil akhir dalam mempertimbangkan sesuatu yang akan dilaksanakan dengan nyata. Keputusan dapat diartikan juga hasil terbaik dalam memilih satu diantara dua atau beberapa alternatif yang dihadapi. Pengambilan keputusan terjadi apabila seorang Manajer menghadapi beberapa alternatif pemecahan problem, pengambilan keputusan merupakan wewenang (hak dan kewajiban) pucuk pimpinan. Namun fungsi pengambilan keputusan tidak selamanya mudah untuk kepemimpinan.

Kata Kunci: Kepala Madrasah, Pengambil Keputusan

 

Pendahuluan

Pemimpin dalam organisasi modern melaksanakan tugasnya melalui orang lain dengan cara mendelegasikan tugas-tugas kepada stafnya. Kemudian secara terus menerus membina orang-orang yang berada di bawah kepemimpinannya sedemikian rupa sehingga akhirnya mereka dapat menyelesaikan tugas dengan lebih baik dibandingkan bila diselesaikan oleh pemimpin itu sendiri.[1] Kepala madrasah bertugas sebagai penanggung jawab keberhasilan organisasi, sebagai seorang konseptor, diplomat dan sebagai pengambil keputusan. Ketika kepemimpinan dikaitkan dengan konsep manajemen maka kepemimpinan memiliki posisi yang sentral, karena dapat dikatakan bahwa kepemimpinan merupakan inti dari manajemen.

Madrasah memerlukan seorang pemimpin sebagai eksekutif madrasah (kepala madrasah). Penelitian yang menggunakan madrasah sebagai sampel lembaga banyak berfokus pada perilaku, etos, gaya kerja, motivasi, kemampuan manajerial, dan aspek-aspek yang berkaita dengan masalah kepemimpinan madrasah.[2]

Kepala madrasah bertanggung jawab terhadap perberdayaan sumber daya yang ada di madrasah yang meliputi SDM, sarana dan prasarana, biaya, teknologi dan informasi. Diantara sumber daya manajemen tersebut SDM yang paling penting dan perlu diberdayakan. Hal tersebut mengingat SDM yang dinamis dan perannya sebagai pelaku-pelaku pendidikan yang nantinya akan memberi warna bagi kehidupan madrasah.

[1] Harold L. Taylor, Delegasi Kunci Sukses Praktek Manajemen, Terj. Roh Mulyadi Hamzah (Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo, 1998), h. 13-14.

[2] Sudarwan Danim, Menjadi Komunitas Pembelajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2003), h. 51.

 

 

download fulltext klik bottom here:

Peran Kepala Madrasah Sebagai Pengambil Keputusan

2018-10-19T23:48:14+00:00

Contact Info

JL. T. Imam Bonjol, No. 16-A, Kota Tebing Tinggi, Tambangan Hulu, Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara 20998

Phone: (0621) 326545

Fax: -

Web: staistebingtinggideli.ac.id

Berita